Selasa, 01 November 2011

Catatan Forum Indonesia Muda

pemuda pemudi dari seluruh penjuru negeri ini memiliki impian dan harapan yang sama. 
Berkontribusi untuk Negeri 
tak berlebihan mereka orang- orang luar biasa dengan latar belakang yang berbeda-beda.
mengutip kata - kata dewan pembina FIM (Forum Indonesia Muda) Bapak Elmir Amin 
"dari PKI sampe PKS ada disini"
tapi itu semua tidak membuat kami merasa paling benar satu sama lain, yang ada malah belajar saling melengkapi tanpa membedakan latar belakang.
meski kadang ada perbedaan pendapat yang cukup tajam, yang kami sadari adalah kami keluarga muda yang berkumpul karena ingin memajukan bangsa. dan itu semua menjadi hal ringan
berikut merupakan beberapa kegiatan FIM 11
1. Materi
sebenarnya banyak materi yang disampaikan disini, tapi ini salah satu yang paling menginspirasi.
ketika bapak Taufik Ismail membacakan kisah tentang seorang mahasiswa yang mengabdikan diri 15 tahun di sebuah lokasi terpencil di penjuru negeri. namanya Pak Kasim.
15 tahun menghilang dari kampus dan rumahnya, ternyata membangun daerah tertinggal tanpa publikasi dan terekspose kamera.. benar - benar orang - orang yang tidak suka popularitas. salut
Bapak Taufik Ismail juga membacakan beberapa puisi karya beliau
namun yang benar- benar saya ingat adalah ketika beliau protes kepada kurikulum bahasa indonesia yang sejak SD hingga perguruan tinggi hanya mengajarkan tentang "Awalan - sisipan - akhiran"
2. Outbond

belajar langsung dari alam. walau sudah berulang kali outbond, tetap saja sensasinya berbeda.
oh iya, ditambah pagi sebelum outbond saya mengeluarkan cairan darah dari hidung yang cukup banyak, outbond kali ini jadi berbeda
Alhmdulillah sebelumnya sudah persiapan rok celana, jadi tak ada permainan yang tak bisa dilalui, termasuk flying fox
dari sini belajar satu komando satu tujuan. walau isinya aktivis semua tapi pemimpin tetap harus hanya 1
3. Social Project
ini yang paling mengasyikkan. seluruh peserta FIM dibagi ke dua lokasi (maleber dan cimanggis) untuk melakukan socila project dan field trip. di cimanggis juga dibagi jadi 3 kelompok lagi
Alhmdulillah bisa milih di SMPIT At Taufiq
disana kami membagi semangat (power wuzz) untuk tunas bangsa yang akan berkembang dan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang
hanya sejam memang tapi kami mendapatkan nuansa yang berbeda
setelah memotivasi mereka untuk bermimpi dan belajar, diadakan pula ice breaking untuk memecah ketegangan. dibagilah menjadi berpasang-pasangan. hingga tinggal tersisa 2 orang anak, ternyata mereka tidak mau berpasangan.
disitulah kami baru menyadari ada 'tugas' lain untuk mendamaikan mereka yang bertengkar. hingga akhir sesi ini dipenuhi linangan airmata. 
"Kakak jangan pergi, kakak ngajar disini aja" ujar polos seorang anak bernama dewi.
namun tugas kami telah usai..
4. Field Trip Assessment
disini kami diminta untuk mencari masalah dan kondisi masyarakat RW III kelurahan Harjamukti Cimanggis Depok
tim kami dibagi 2, ada ygn mencari data ke lapangan, ada pula yang mencari data kuantitatif ke kelurahan
aku dapat mencari data ke kelurahan. dibantu ibu sekkel yang sangat welcome, kami mendapatkan data banyak dengan mudah. 
birokrasi tak serumit yang kalian bayangkan sob!
bahkan kami kesana tanpa didampingi surat pengantar. memang rencana Allah selalu indah
setelah data lapangan dan angka didapatkan, tim kami jong sumatera (seluruh peserta FIM dibagi perkelompok sesuai nama jong - jong saat sumpah pemuda) mengolah data menjadi narasi dan mencari solusi dari permasalahan - permasalahan yang ada disini
diskusi, tukar pikiran, ide - ide cemerlang tak dapat dipungkiri terjadi disini. indah memang berkumpul dengan kaum intelektual yang retorika setara dengan aksi nyata
setelah mengolah semua data dan ide, kamipun mempresentasikannya di depan dewan pembina dan oknum2 terkait
setelah semua yang resmi terjadi, ada hal - hal menarik selama FIM ini terjadi
1. sesi tanya jawab
ini hal yang belum pernah saya temukan sebelumnya. biasanya dalam seminar - seminar atau workshop - workshop bila ada sesi tanya jawab selalu sepi peminat
berbeda sekali dengan forum ini.
semua ingin bertanya (sampai ada nyeletuk, 'koleris sanguinis semua nih')
bahkan sampai ada peraturan, bila sudah pernah mengemukakan pendapat, harap beri kesempatan bagi yang belum pernah
antusiasme yang membangun dan menginspirasi saya pribadi.
2. belanja (teteup)
sebenernya gak niat, tapi karna butuh ambil uang ke ATM jadi ikutan belanja deh..
karna tempat kami dekat dengan Cibubur Junction, sekalian deh.. hhe
mampir ke toko buku, beli susu 1 liter, tisu banyak (coz aku dan 2 saudari dekatku pileknya barengan, ikatan hatinya terlalu kuat bahkan sampai sakitpun barengan)
oh iya.. jadi hobi jajan disini. terutama jajan roti tawar yang banyak dan susu coklat. demi menjaga kestabilan tubuh. alah. makanan disini biasanya rendang atau ayam pedes, lambungku gak kuat untuk memakannya
3. Senam Maga-Maga ala pondra
ini yang selalu buat kami terbangun dari tidur panjang, tarian entah darimana tapi mengesankan itu

sese kore
sese kore sa
asisisisi maga
asisisisi maga
magaaa
magaaa
maga maga
maga maga

gak jelas juga artinya apa, yang pasti kita semua terhibur dan terbangun dari mimpi panjang bersama

Subhanallah.. sesuatu banget perjalanan seminggu penuh ini
semoga semangat kunang-kunang terus ada

Miss you all alot keluarga besar FIM 11 :)
#Depok, 29 Oktober 2011
menyadari potensi yang ada adalah ujung tombak pembangunan peradaban dunia
bersinarlah kunang - kunang

2 komentar:

  1. maga dance top abis dah emang
    btw, fim regional depok harus diberdayakan nih, sayang potensinya, masa sampe disebut fim regional bete saking ga ada acara -__-''

    BalasHapus
  2. iye bang..
    btw.. tadi saya ngobrol ma bebes FEUI
    minggu kumpul yuk di rumbel
    skalian qurban bareng
    yuk yuk yuk

    BalasHapus